Skip to main content

ilmu sosial dan budaya dasar Tugas 3

 Untuk Tugas 3, berikan satu contoh penerapan teknologi yang ada pada masyarakat Anda dan dampak negatif yang ditimbulkannya. Uraikan juga solusi apa yang bisa ditawarkan untuk mengatasi dampak negatif tersebut!


Jawab :

Internet(Interconnected Networks) adalah jaringan komputeryang menghubungkan komputer satu dengan lainnya di seluruhdunia di mana terdapat banyak infomasi di dalamnya. Internetmemberikan banyak dampak positif dengan informasi-informasidi dalamnya, tetapi di pihak lain internet juga menimbulkandampak negatif karena informasi yang terdapat dalam internetsulit untuk dibatasi, berbagai macam informasi dalam berbagaibentuk dan tujuan bercampur menjadi satu di mana untukmengaksesnya hanya perlu memasukkan beberapa kata kuncisaja.

Komputer merupakan salah satu media elektronik yangsangat canggih. Di komputer terdapat program internet.Karena dengan komputer program internet tersebut dapatdioperasikan. Bahkan hampir semua orangmenggunakan komputer sebagai saranamengoperasikan program internet.Internet juga tidak kalah canggihnya dengan sarananyaitu sendiri. Akhir-akhir ini justru internetlah yang lebihberkembang. Berjuta orang menggunakan internet untukberbagai keperluannya, mulai keperluan pribadi,organisasi, sampai keperluan dinas, karena dinilai internetini lebih praktis. Di negara kita tercinta ini sudah mulaibanyak sekolah-sekolah yang memamfaatkan internetsebagai sarana penting dalam kegiatan pembelajaran.Dengan semakin banyaknya pengguna internet lebih-lebih dalam penggunaan word wide web dan e mail,mereka semakin menyatu dengan program canggih itu.Bagi mereka internet sudah termasuk bagiankehidupannya,seperti mereka bergaul akrab denganpakaian mereka.

Jika digunakan secara benar, internet bisa memberi kemanfaatanyang besar. Internet menyediakan lautan informasi dalam bentukbuku, jurnal, artikel dan lain-lain dalam bentuk tulisan, maupunvideo, yang koleksinya melebihi perpustakaan konvensionalmanapun.Jumlah pengguna internet di Indonesia berdasarkan data dariGoogle.com/adplanner per Mei 2010 telah mencapai 38 juta orang.Untuk di kawasan Asia, Indonesia masuk dalam 5 besar penggunaInternet terbanyak bersama dengan China, Jepang, India danKorea Selatan. Pengguna layanan jejaring sosial Facebook diIndonesia juga menunjukkan angka yang tinggi, yaitu tercatat lebihdari 26 juta pengguna.Adapun menurut layanan pemeringkat situs Alexa.com, sejumlahsitus yang memberikan layanan untuk berbagi informasi danberkolaborasi mengalami peningkatan pengunjung yang pesat dariIndonesia. Sebutlah selain Facebook, ada layanan Blogspot(blogger.com), Wordpress, Youtube, Twitter dan Multiply yangsemuanya masuk dalam 20 besar situs yang paling banyakdikunjungi dari Indonesia. Bahkan beberapa diantaranya sudahlebih dahulu bercokol di 5 besar seperti blogspot dan Facebook.

Terlepas dari dampak yang ditimbulkan internet, internet adalahsebuah teknologi komunikasi baru yang memudahkanpenggunanya dalam memperoleh informasi. Saat inipenggunanaan internet semakin pesat, mayoritas masyarakat didunia telah menggunakan kecanggihan internet ini untuk berbagaikeperluannya, mulai dari keperluan pribadi, organisasi, hinggadinas, karena penggunaan internet dinilai lebih praktis dan efisien.Pengaruh internet sangat besar. Sampai-sampai telah mempengaruhigaya hidup masyarakat. Saat ini hampir tidak ada yang lepas daripengaruh internet, bahkan sekarang pemerintah pun jugamemanfaatkan kecanggihan internet untuk menyampaikan informasikepada publik, misalnya informasi tentang suatu kota, mempromosikanpariwisata, E-KTP, dll.Dunia pendidikan adalah salah satu bidang yang memanfaatkaninternet untuk kepentingan peningkatan kualitas suatu institusipendidikan. Pendidikan memang pemegang peran penting dalamkemajuan suatu bangsa dan negara, karena dunia pendidikanlah yangmencetak para generasi penerus bangsa. Internet dapat dikatakansebagai perpustakaan maya yang menyimpan berbagai ilmupengetahuan di dalamnya. Internet dapat digunakan sebagai sumberpengetahuan alternatif.

Dalam penggunaan internet, pararemajalah yang menduduki peringkatpertama. Internet sudah menjadi bagiandari gaya hidup mereka. Hampir setiapaktivitas remaja dipengaruhi olehinternet, mulai dari penggunaan jejaringsosial, hingga pendidikan mereka.

Sebagai media yang dapat membantunya mencari informasi untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.Internet menyediakan informasi-informasi yang dapat dijadikan referensi untuk mengerjakan tugas-tugas dari sekolah.2. Sebagai sumber pengetahuan alternatif.Berbagai ilmu pengetahuan mulai dari umum sampai ilmu pengetahuan untuk pendidikan formal terdapat di internet.3. Sebagai sarana hiburan ringan melaui film, game, music dll. untuk sekedar melepas jenuh dari tugas, pelajaran di sekolah.

Mencari teman baru atau sekedar berkomunikasi dengan teman melaui jejaring sosial, seperti facebook, tweeter, blog, dll. Jejaring sosial juga dapat digunakan para pelajar untuk berdiskusi jarak jauh untuk menyelesaikan tugas dari sekolah.5. Mencari informasi tentang hal-hal baru atau yang sedang digemari para remaja seperti, K-POP, suffle dance, basket, dll. Hal ini dapat membuat remaja dapat menyalurkan bakat mereka dalam bidang non-akademis.6. Mencari informasi tentang idola mereka. Informasi yang mereka dapat memotivasi mereka untuk belajar. Tanpa seorang idola mungkin hidup seperti tanpa tujuan bagi remaja, mereka perlu sosok yang dapat membuat mereka termotivasi untuk menjadi generasi yang berguna bagi bangsa, karena remaja masih dalam tahap perkembangan.

Remaja menjadi semakin kreatif. Internet dapat menjadi salah satu sarana untuk menyalurkan daya kreatifitas mereka, seperti membuat cerita fiksi lalu di postkan di sebuah blog, dll.8. Mereka tidak gaptek(gagap teknologi). Mereka dapat mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang hampir seluruhnya menggunakan kecangihan internet.9. Internet sebagai sarana belajar bisnis. Tidak sedikit para remaja yang saat ini menggunakan internet sebagai sarana berbisnis, seperti jual beli online, pembuatan dan pengelolaan website yang menyediakan referensi untuk tugas para pelajar, dll. Dan masih banyak lagi manfaat internet bagi remaja, karena internet merupakan teknologi yang menyediakan informasi tanpa batas, maka manfaat juga sebanding.

Internet adalah sebuah produk teknologi. Sebuah produk tentumemberikan dampak negatif dan positif. Dampak negatif ataupositif dapat dirasakan oleh semua kalangan, termasuk pelajar.Dampak positif atau negatif dari internet bagi pelajar tentu sajaditimbulkan dari cara penggunaan internet itu sendiri.Penggunaan internet sebagai media penghubung serba cepatmemang sudah tidak mudah dipisahkan dari kehidupan kita.Segala macam persoalan komunikasi dapat diselesaikandengan internet. Dampak positif dan negatif internet bagipelajar tentu saja tidak muncul bersamaan. Seharusnyadampak positif lebih mendominasi, jika cara penggunaaninternet itu benar. Dampak positif dan negatif bagi pelajarsifatnya tidak mutlak. Penilaiannya terletak pada apa yangdirasakan secara personal. Namun secara umum dapatdisimpulkan tentang kerugian atau Dampak Negatif BagiInternet

DAMPAK NEGATIF: ASOSIAL

Dampak negatif yang paling umum dialami oleh pelajar adalahkecenderungan untuk lebih nyaman berkomunikasi melaluiinternet daripada secara langsung. Ia akan merasa lebihmemiliki kedekatan dengan obyek komunikasi melaluiinternet, daripada berkomunikasi langsung. Hal ini akanmemunculkan rasa asosial yang membuat seorang pelajar“mengisolasi diri”. Memang ada dampak positif dari kedekatanpelajar dengan internet, yakni dapat mengenal seluk belukinternet dengan baik, namun akan merugikan jika padaakhirnya seorang pelajar merasa lebih nyaman berhubungandengan benda mati daripada berhubungan dengan manusia.Rasa emosi menjadi kurang tajam dan mengakibatkannya tidakpeka terhadap lingkungan.

DAMPAK NEGATIF: MENGGANGGU KESEHATAN

Dampak negatif internet bagi pelajar adalah kesehatanmata, terlalu banyak duduk dan gangguan saraf tangankarena terlalu sering mengetik dan mengklik mouse. Kerja tubuhyang lebih banyak pada hal yang diulang-ulang akanmenyebabkan dampak negatif. Terlalu sering berada di depanlayar dengan terkoneksi pada internet menyebabkan organtubuh mengalami kelelahan dan mempengaruhi fungsi organtersebut sedikit demi sedikit. Selain itu ada kemungkinanterjadinya kriminalitas yang merupakan dampak kemudahaninternet. Pada awalnya hanya pencurian identitas, lalupenjualan barang palsu yang bermaksud menipu lalumerembet pada motif kejahatan lain seperti perampokan. Halini bisa terjadi setelah sebelumnya mengetahui alamat korbandari internet atau jejaring sosial.

 DAMPAK NEGATIF: PORNOGRAFI

Selain itu ada yang paling dekat dengan internetdan sangat negatif, yakni pornografi. Pornografimemang hal yang sangat rentan terjadi di internet.Dampak negatif yang ditimbulkannya pun dapatdilihat secara langsung dalam tempo yang tidakterlalu lama. Bagi kalangan remaja yang masihlabil, mereka akan menganggap aksi pornografiyang dilihatnya melalui internet adalaih hal yangwajar. Itulah penyebab banyaknya penyimpanganperilaku seksual para remaja dewasa ini, mengingatmereka mendapatkan pendidikan seks dari sumberyang menyesatkan.

Solusi Mencegah Dampak Internet

Dampak positif dan negatif memang selalu ada,terutama tentang internet. Hal inimenunjukkan ketidaksempurnaan karya manusia.Sebagai pengguna internet dan sebagai pribadi yang  berpendidikan, para pelajar seharusnya tahu tentang dampak negatif dan dampak positifnya sehingga diharapkan bisa memilih yang baik bagidirinya. Berbekal pengetahuan tentang dampak negatif  internet bagi pelajar, seharusnya masyarakat bisa lebih bijak dalam menggunakan internet.

Penggunaan internet tergantung pada pemakainya bagaimana cara mereka dalam menggunakan teknologi itu. namun semestinya harus ada batasan - batasan dan norma-norma yang harus mereka pegang teguh walaupun bersentuhan dengan internet atau di dalam dunia maya. Berikut adalah langkah praktis jika anda ingin anak anda dan anda bebas dari label gaptek namun terhindar dari paparan informasi menyesatkan :

 

Peran orang tua sebagai pendamping sangatlah dibutuhkan. kondisikan bahwa masuk ke situs negatif (konten porno/kekerasan) itu sesuatu yang tabu, sehingga penggunaan komputer harus terbuka dan orang tua harus bisa melihat.

Letakkan komputer di ruang keluarga atau ruangan yang sering dilewati umum sehingga dapat terus dipantau kegiatan anak saat mengakses internet (sebaiknya tidak di kamar tidur anak) .

Tentukan waktu online bersama. Orang tua dan anak bersama-sama duduk di komputer, berdiskusi tentang berbagai informasi dari internet.

Pembatasan waktu browsing. Biasakan anak untuk disiplin mematuhi batasan waktu menggunakan internet. Hindari anak duduk didepan komputer hingga larut malam.

 

Komunikasikan manfaat positif maupun negatif internet kepada anak secara gamblang. Jelaskan, internet adalah media informasi yang paling praktis serta tak terbatas. Namun, ada beberapa pihak yang memanfaatkan internet untuk maksud-maksud yang tidak baik.

 

Berikan tips praktis untuk menghindari pihak-pihak yang ingin mengambil keuntungan sepihak dari pengguna internet. Misalnya, dengan tidak memberi data pribadi, tidak memberikan nomor telepon dan alamat serta tidak memberikan foto pada siapapun yang tidak dikenal.

 

Menggunakan internet protection software lokal. Langkah ini merupakan langkah mudah dan efisien untuk menghindarkan anak anda dari pengaruh negatif internet, termasuk dari situs lokal. Penyedia jasa proteksi ini akan memfilter semua jenis informasi maupun gambar dari layar komputer anak anda.

8. Jika anak memperlihatkan tingkah laku tak wajar, segera diskusikan dengan mereka. Cari tahu, apakan internet menjadi penyebabnya.

 

Tekankan pada anak bahwa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, tak kalah pentingnya dengan berinternet ria sepanjang hari.

Jika anak anda mulai terlihat kecanduan internet atau game, segera diskusikan dengan ahli. Mereka tahu betul bagaimana menjadikan hidup anak anda tak hanya dihabiskan di depan komputer.

 

Terimakasih

 

Comments

Popular posts from this blog

Hak-hak yang diperoleh oleh Seorang tersangka/terdakwa

  Hak-hak apa saja yang diperoleh oleh tersangka/terdakwa? Implementasi Hak Asasi Manusia secara tersirat sebenarnya sudah diakui dalam KUHAP. Menurut ketentuan Pasal 117 ayat 1, “keterangan tersangka dan atau saksi kepada penyidik diberikan tanpa tekanan dari siapapun dan atau dalam bentuk apapun.” Artinya dengan adanya Pasal tersebut, pemeriksaan oleh penyidik untuk kepentingan penyidikan harus sesuai dan menghormati HAM. hak seorang tersangka dan keluarganya yang digeledah atau rumahnya digeledah yaitu: a. Berhak untuk menanyakan tanda pengenal penyidik yang akan melakukan penggeledahan. b. Berhak untuk menanyakan surat perintah penggeledahan. c. Berhak untuk mendapatkan penjelasan mengenai alasan penggeledahan. d. Berhak untuk menandatangani berita acara penggeledahan. e. Berhak untuk mendapatkan salinan berita acara f. Berhak untuk mendapatkan perlakuan yang manusiawi saat digeledah. g. Berhak untuk mencabut berita acara yang salinannya diberikan setelah lewat dua hari

CONTOH PERJANJIAN FORCE MAJEURE

   CONTOH PERJANJIAN  FORCE MAJEURE PERJANJIAN SEWA-MENYEWA No. 122/UD/sejahtera-tb/TB/iii/16   Yang bertanda tangan di bawah ini : 1.       Nama   ................................  Pekerjaan BURUH   Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama untuk diri sendiri berkedudukan di panca tunggal jaya selanjutnya disebut yang menyewakan; 2.       Nama ...........................   pekerjaan mahasiswa   Alamat Tulang Bawang dalam hal ini bertindak untuk diri sendiri, selanjutnya disebut penyewa; Dengan ini menerangkan bahwa pihak yang menyewakan adalah pemilik sah sebuah rumah yang terletak di jalan anggrek No. 17 Kota Unit 2 Tulang Bawang bermaksud menyewakan rumahnya kepada penyewa dan penyewa bersedia menyewa rumah tersebut dari pihak yang menyewakan berdasarkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut : Pasal 1 (1)    Sewa rumah ditetapkan sebesar Rp. 50,000,000,- ( lima puluh juta ) untuk jangka waktu sewa 1 tahun terhitung sejak tanggal penandatanganan surat perjanji

Koneksi Antar Materi Modul 2.3 Calon Guru Penggerak

  Kesimpulan, Keterkaitan Materi dan Refleksi Pemahaman. Selama mempelajari modul 2 saya mendapatkan pengalaman belajar baru yang sangat luar biasa. Pada modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. saya lebih memahami pentingnya pembelajaran berdifferensiasi sebagai tuntunan yang masuk akal bagi peserta didik dengan keunikan potensinya. Selanjutnya di modul 2.2 saya belajar bagaimana membangun kecerdasan sosial emosional. Di modul 2.3 saya belajar bagaimana teknik coaching guna membangun komunikasi yang baik dengan orang lain. Hal yang paling berkesan bagi saya adalah saat kami, sesama rekan GCP, melakukan praktik coaching sebanyak 3 sesi (sebagai coach, coachee dan observer), yang merupakan tugas demonstrasi kontekstual modul 2.3. Meskipun speed saya cenderung lambat menunaikan tugas-tugas dalam membangun pemahaman saya terhadap materi, namun saya berkomitmen untuk menuntaskannya dan menyusun rencana implementasi melalui praktik bagi yang akan