Skip to main content

JAWABAN TUGAS XI IPA


     DWI NUR AINI 
     XI IPA
    


           Apa yang anda ketahui tentang budaya demokrasi  dan apa saja yang menjadi landasan demokrasi ?
Jawab:
Budaya demokrasi terdiri dari kata, yaitu budaya dan demokrasi. budaya berarti hasil kemampuan akal manusia dalam lingkungan kehidupan. Adapun pengertian demokrasi adalah keadaan Negara yang sistem pemerintahannya berkedaulatan rakyat. Atinya, kedaulatan dalam pemerintahannya berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, rakyat berkuasa, pemerintah rakyat, dan kekuasaan oleh rakyat.
                Berdasarkan asal katanya, budaya demokrasi mempunyai pengertian kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan yang mencerminkan nilai nilai demokrasi seperti menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan. Budaya demokrasi juga dapat dikatakan sebagai bentuk aplikasi atau penerapan nilai nilai yang terkandung dalam prinsip demokrasi itu sendiri.
                Landasan pelaksanaan demokrasi Indonesia
a.       Landasan idiil
Pancasila sebagai landasan idiil bagi bangsa Indonesia memiliki arti bahwa pancasila merupakan pandangan hidup dan jiwa bangsa, keperibadian bangsa, tujuan dan cita cita, cita cita hukum bangsa dan Negara, serta cita cita moral bangsa Indonesia.
Landasan idiil kemerdekaan berpendapat adalah pancasilan sila keempat, yaitu ” kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.”
b.      Landasan konstitusional
Landasan kostitusional kemerdekaan menyampaikan pendapat adalah UUD 1945 yang termuat dalam : 1).pasal 28 “kemerdekaan brserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dalam undang undang,” 2). Pasal 28E ayat 3: “setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.”
c.       Landasan operasional
Landasan operasional pelaksanaan demokrasi di Indonesia khususnya tentang kebebasan mengemukakan pendapat, yaitu sebagai berikut:
1).Tap MPR No.XVII/MPR/1998 tentang HAM.
2).UU.  No.9 tahun 1998 kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum, yang di undangkan dalam lembaran Negara RI No.181 tahun 1998.
3).UU. No.39 tahun 1998 tentang hak asasi manusia.
                 d.   Landasan hukum
                        Landasan hukum lainnya kemerdekaan menyampaikan pendapat diatur dalam universal
                       Declaration of human rights. Hal tersebut diatur dalam pasal 19 yang bunyinya “setiap
                      Orang berhak atas kebebesan memiliki  dan mengeluarkan pendapat.

2.Carilah beberapa kasus pelanggaran demokrasi dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk menyelesaikan kasus tersebut !
Jawab:
                Persoalan Permasalahan Pemilu Di Indonesia
                Persoalan demokrasi di Indonesia ternyata masih belum optimal, masih banyak pelanggaran pelanggaran yang terjadi khususnya yang bersangkutan dengan prinsip prinsip ideologi. Berikut adalah kasus pelanggaran pemilu:
                Panitia pengawas (panwas) pilkada aceh menerima 57 laporan pelamggaran pilkada, yaitu salah satu dari kader bakal calon membagi s kekerasan bagikan uang kepada masyarakat dalam syarat harus memilih bakal calon tertentu, juga kasus kekerasan dan intimidasi selama berlangsungnya masa kampanye pemilihan kepala daerah (pilkada) Aceh sejak 22 maret. Ketua panwas aceh, nyak Arif fadillah syah kepada wartawan dalam jumpa pers dikantor panwas aceh, mengatakan kasus itu umumnya terjadi karena pergesekan antar pendukung kandidat seusai menggelar kampanye.
                “ Ada yang melempari batu, diketapel, juga ada yangrakat menghalangi masyarakat untuk dating kelokasi kampanye kandidat tertentu,”ujar nyak arif. Dia sebutkan money politik, kekerasan dan intimidasi itu terjadi akibat adanya pergesekan kubu pasangan kandidat.
                Para kandidat diharapkan panwas dapat menertibkan pendukung dan tim pemenangnya di lapangan agar tidak melakukan tindakan anarkis yang dapat merusak komitmen damai yang telah dinyatakan para kandida dalam ikrar pilkada damai di masjid raya baiturrahman, 14 maret 2012.
                Solusi menyelesaikan masalah dalam proses pemilihan
                Untuk menanggulangi permasalahan yang timbul karena pemilu antara lain :
a. seluruh pihak yang ada baik dari daerah sampai pusat , besama sama menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pilkada ini. Dengan ini maka dapat menghindari munculnya konflik.
b. semua warga saling menghargai pendapat dalam demokrasi wajar jika muncul peredaan pendapat. Hal ini diharapkan tidak menimbulkan konflik dengan kesadaran menghargai pendapat orang lain. Maka pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan lancar.
 c. sosialisasi kepada warga ditingkatkan. Dengan adanya sosialisasi diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang akurat. Sehingga menghindari kemungkinan fitnah terhadap calon yang lain.
d. memilih dengan hati nurani. Dalam memilih calon kita harus memilih dengan hati nurani sendiri tanpa ada paksaan dari orang lain. Sehingga prisip prinsip dari pemilu dapat terlaksana dengan baik.
                Analisis dari kasus diatas adalah:
                Kita sebagai warga Negara ysng baik dan benar mesti mengerti hak dan kewajiban sebagai warga Negara. Dan kita harus bertindak JURDIL (jujur dan adil) saat memilih pemimpin ang benar.
3.apakah masyarakat Indonesia sudah mencapai kemadanian dan berikan beberapa bukti yang otentik!
Jawab:
                Menurut saya masyarakat Indonesia BELUM belum mencapai kemadanianya. Hal ini dapat di lihat dalam bidang pendidikan, hukum, politik, ekonomi dan kehidupan sosial. Bukti :
Pendidikan ; pendidikan seharusnya menjadi aset besar memasuki era globalisasi. Sayangnya, kualitas pendidikan kita sangat memprihatinkan dan daya saing sangat rendah. Jika kualitas pendidikan rendah, daya saing minim, maka kreatifitas, inovasi dan kemampuan berfikir kritis pun lemah. Maka sumber daya manusia sebagai persyaratan masyarakat madani menjadi mandek.
Hukum;supremasi hukum hukum di Negara kita belum di tegakan. Contoh kasus gayus . kasus gayus hingga kini belum sampai pada keputusan finalnya. Lemahnya control publik dan tingginya korupsi di tingkat para elit Negara, membuat hukum di permainkan. Gayus sudah ditahan , masih saja berkliaran bahkan hingga keluar negeri. Ini semua mengindikasi mandeknya demokrasi di Negara kita.
4.apa yang anda ketahui tentang masyarakat madani?
Jawab:
                Masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai nilai peradaban.
5.buatlah resume secara singkat tentang materi budaya demokrasi menuju masyaraakat madani !
Jawab:
                Budaya demokrasi menuju masyarakat madani dapat di katakana sebagai inti pemerintahan demokrasi kekuasaan memerintah yang di miliki oleh rakyat. Kemudian di wujudkan dalam ikut serta menentukan arah perkembangan dengan cara mencapai tujuan serta gerak politik Negara. Keikutsertaan tersebut tentu saja dalam batas bats di tentukan dalam peraturan perundang undangan atau hukum yang berlaku.

ANI BUDIANTINI

XI IPA

1.Apa yang anda ketahui tentang budaya demokrasi dan apa saja landasan demokrasi?
JAWAB:Budaya demokrasi adalah pola fikir dan sikap warga masyarakat berdasarkan nilai-nilai   kemerdekaan,persamaan dan persaudaraan antar manusia dengan kerjasama,saling percaya ,toleransi 

2.Carilah beberapa kasus   pelanggaran demokrasi dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk menyelesaikan kasus tersebut?
JAWAB: KASUS-KASUS DEMOKRASI
            (A)PEMBUNUHAN MUNIR
                 Penyelesaiannya adalah seharusnya kasus munir meningkatkan cara yang bersifat otoriter  karna setiap manusia atau warga Negara memiliki hak untuk memperoleh kebenaran ,hak memperoleh keadilan dan hak atas rasa aman.
           (B)TRAGDI TRISAKTI
Penyelesaiannya adalah diperlukan partisipasi masyarakat untuk ikut turut serta dalam  proses penuntasan kasus ini.

3.apakah Indonesia sudah mencapai kedamaian dan berikan beberapa bukti-bukti yang otentik?
JAWAB: BELUM, karena hal ini dapat dilihat dalam bidang pendidikan, hukum, politik, ekonomi, dan kehidupan sosial

4.Apa yang anda ketahui tentang masyarakat madani ?
JAWAB: Masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang maju dalam penguasaan ilmu pengertian dan teknologi .

5.Buatlah resume secara singkat materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani ?
JAWAB:Demokrasi berarti bahwa kekuasaan dalam sistem politik Negara berasal dari rakyat dilaksanakan oleh rakyat dan diperuntukkan oleh rakyat dan demokrasi bukan sekedar bentuk pemerintahan melainkan sistem politik yang ditandai dengan adanya prinsip-prinsip demokrasi .


NAMA                  : ANISA DESMA RAMADHANI

KELAS                    :XI IPA

1.Apa yang anda ketauhi tentang budaya demokrasi dan apa saja yang menjadi landasan    demokrasi ?
Jawab: Budaya demokrasi adalah pola pikir,dan sikap warga masyarakat                bedasarkan nilai-nilai kemerdekaan, persamaan, dan persaudaraan
                antar manusia dengan kerjasama ,saling percaya, toleransi dan
                kompromi.
                Landasan-landasan demokrasi :
                a.Pembukaan UUD 1945
                b.Batang tubuh UUD 1945
                c.Ketetapan MPR RI No.XVII/MPR/1998/ tentang hak asasi
                d.UU No.39 tahun 1999 tentang ham
                e.PANCASILA
2.Carilah beberapa kasus pelanggaran demokrasi dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk
menyelesaikan kasus tersebut !
                                Jawab: Pelanggaran ham merupakan salah satu pelanggaran demokrasi.
                                                Contoh pelanggaran:
                                                a.Pembunuhan massal (genocide)
                                                b.Penyiksaan
                                                c.perbudakan atau diskriminasi yang di lakukan secara sistematis
                                                 solusinya yaitu pemerintah lebih menekan dan mempertegas
                                                penegakan ham.
3.Apakah Indonesia sudah mencapai kemadanian dan berikan beberapa bukti yang otentik!
Jawab: Sudah, namun belum berjalan secara sempurna , karena masih banyak 
                                Masyarakat yang belum menyadari manfaat menjadi masyarakat
                                Madani.
                                Buktinya dapat di lihat dari pengelolahan  pendidikan, kesehatan ,
                                ekonomi, dan lain-lain.
4.Apa yang anda ketahui tentang masyarakat madani ?
                Jawab: Masyarakat madani adalah masyarakat yang hidup dalam suasana
                                Prikehidupan yang mandiri, berkeadilan sosial dan sejahtera tanpa
                                tekanan-tekanan kepentingan lain. Bisa juga di katakan bahwa
                                masyarakat madani adalah masyarakat yang menjunjung 
                                nilai-nilai peradaban.
5.Buatlah resume secara singkat materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani!
                Jawab: Demokrasi menuju masyarakat madani dapat di artikan pula sebagai
                                Pemerintahan tertinggi di pegang oleh rakyat dan berproses menuju
                                masyarakat yang menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban.
                                Dapat diartikan pula sebagai, patisipasi masyarakat dalam bernegara.
                                Partisipasi rakyat biasanya tidak hanya berupa partisipasi dalam
                                mekanisme 5 tahunan (pemilu) itu saja. Partisipasi tidak hanya identik
                                dengan di pilih dan memilih, mereka berhak menyuarakan kritik dan
                                aspirasi kapan saja terhadap para wakil dan pemerintah lazim disebut
                                EKSTRAPARLEMENTER. 


AYU LESTARI
KELAS XI IPA

1.Budaya demokrasi adalah pola pikir,dan sikap warga masyarakat berdasarkan  nilai nilai kemerdekaan,persaan dan persaudaraan antar manusia dengan kerja sama saling percaya,toleransi dan kompromi.Dengan landasan sila ke empat.
2.Kasus yang diangkat adalah kasus Angelina Sondakh korupsi korporasi.Agus menjelaskan korupsi korporasi itu bisa terjadi pada lembaga apapun.Dengan bentuk organisasi yang beragam,termasuk partai politik.Solusinya tersangka di penjara dengan pasal pencuciain uang.
3.Masyarakat madani menjadi prasyarat maju nya sebuah Negara.Kemajuan itu tidak hanya dalam ekonomi,tetapi seluruh dimensi kehidupan.Ciri-ciri masyarakat madani,cerdas,kritis,kreatif,inisiatif,dll.Hal ini dapat dilihat dalam bidang pendidikan,hukum,politik,ekonomi dan kehidupan social,
4.Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradab dalam membangun,menjalani,dan memaknai kehidupannya atau kelembagaan social yang melindungi warga Negara dari perwujudkan kekuasaan Negara yang berlebihan.
5.Budaya demokrasi menuju masyarakat madani yaiyu inti dari pemerintah demokrasi kekuasaan memerintah yang di miliki oleh rakyat.Salah satu hak dalam hubungannya dengan Negara adalah hak politik rakyat dalam berpartisipasi aktif untuk dengan bebas berorganisasi,berkumpul,dan menyatakan pendapat baik lisan maupun tulisan.Demokrasi pada masa kini antara lain menyangkut hak memilih dan untuk dipilih,menyangkut pula adanya pengakuan terhadap kesetaraan di antara warga Negara,kebebasan warga Negara untuk melakukan partisipasi politik,kebebasan untuk memperoleh berbagai sumber informasi dan komunikasi.



DIDIK SUHERMANTO

KELAS XI IPA

Kemampuan seseorang berupa sikap dan kegiatan yang mencerminkan nilai-nilai demokrasi .Pancasila ,sila ke-empat merupakan landasan dasar demokrasi Indonesia.
1.      Kasus penculikan aktivis
     Kasus penculikan aktivis dan penghilangan secara paksa para aktivis pro-Demokrasi, sekitar 23 aktivis pro-demokrasi diculik.kebanyakan aktivis yang diculik disiksa dan menghilang,meskipun ada satu yang terbunuh .  9 aktivis di lepaskan dan 13  aktivis  lainnya msih belum di ketahui  keberadaannya sampai kini. Banyak orang berpendapat bahwa mereka diculik dan di siksa oleh para anggota Militer.
Solusi masalah;
Sebaiknya para kepolisian dan jajarannya serta pihak berwajib menyelidiki untuk menyelesaikan  masalah tersebut. Para anggota pemerintah harus menindak lanjutikasus penculikan aktivis di Indosnesia  sampai tuntas.kebersamaan  akan menumbuhkan tali persaudaraan  di antara kita untuk itu marilah kita selesaikan masalah dengan cara  musyawarah dan tindakan.
2.      Belum, hal ini dapat kita lihat dari berbagai sudut pandang ;
Partai politik yang hanya mementingkan kebribadian,ekoni yang menurun.
3.      Masyarakat Madani ialah kelompok atau tatanan masyarakat yang terdiri secara Mandiri dihadapan Negara,memiliki ruang public dalam mengemukakan pendapat dan memiliki lembaga yang mandiri dapat menyalurkan apresiasi dan kepentingan publik.
4.      Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu demos artinya rakyat dan kratos artinya pemerintahan. Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat dengan kekuasaan  tertinggi di tangan rakyat  dan dijalankan  langsung oleh wakil-wakilnya yang dipilih melalui  pemilu yang bebas. Dalam masa sekarang ini  dimana penduduk Negara berjumlah  ratusan ribu bahkan jutaan orang .Demokrasi langsung tidak bias dilaksanakan ,sehingga dibutuhkan lembaga perwakilan rakyat.
Unsur-unsur Demokrasi
a.      Adanya partisipasi masyarakat secara  aktifid dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
b.      Adanya pengakuan akan supremasi .
c.       Adanya pengakuan akan kesamaan  diantara  warganegara
d.      Adanya pengakuan akan supresi sipil atas militer.
Istilah demokrasi pmengacu pada dua hal:
1.Seperangakat ketentuan normative yang harus dipenuhi agar terbentuk sebuah system politik tertentu.
2.sebuah bentuk pemerintahan yang memenuhi ketentuan” normative.




ANDI SANTOSO

KELAS XI IPA

1.Budaya demokrasi adalah kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan menghargai persamaan
    kebebasan dan peraturan
    -Landasan demokrasi adalah sila ke-4
2. –Peristiwa tanjung priok
    _Tragedi trisakti
    _Pembunuhan munir
    _Pembunuhan aktifis
     SOLUSI: Dalam suatu Negara harus memiliki kepala Negara dan peraturan-peraturan yang mampu
     mengatur segala sesuatu yang terjadi didalam sebuah Negara.
3.BELUM,Karna Negara kita belum menunjukkan perkembangan dalam bidang pendidikan,politik,hukum
   ekonomi dan kehidupan social
     _PENDIDIKAN
       Pendidikan kita seharusnya menjadi asset besar memasuki era globalisasi ini,sayangnya kualitas
      kita sangat memprihatinkan.Adapun beberapa masalah yang terjadi yaitu system pendidikan kita
     yang masih trial and error.Sistem pendidikan kita belum terarah.
     _POLITIK
       Politik Indonesia telah terlepas dari belenggu otoritarianisme orde baru.
       _HUKUM
        Supremasi hukum di Negara kita belum di tegakkan.Alasannya,faktor politik lebih dominan.
        terjadi potisasi atas proses pradilan yang mestinya berjalan objektif.
       _EKONOMI
         Ekonomi kita di kuasai oleh para pembisni dan elit yang prokapitalisme.
        _KEHIDUPAN SOSIAL
        Umumnya,kebebasan sudah terlihat.Pembelengguan dan kekerasan ala orde baru tampak
       hilang,kecuali birokrasi kita yang lamban dan berkurang responsive terhadap persoalan bangsa.
4.Masyarakat madani adalah sebuah klompok atau tatanan masyarakat yang berdiri secara mandiri
    di hadapan penguasa dan Negara,memeliki ruang politik dalam mengembangkan pendapat,dan
    memiliki lembaga-lembaga yang mandiri dan dapat menyalurkan aspirasi dan kepentingan public
 5.Budaya demokrasi adalah kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan menghargai
    persamaan kebebasan dan peraturan.Dan masyarakat madani adalah system social yang subur
    berasaskan kepada perinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dan
    kesetabilan masyarakat.Bangsa Indonesia berusaha untuk mencari bentuk masyarakat madani
    yang pada dasarnya adalah masyarakat sipil yang demokratis dan agamis.Dalam kaitanya
    pembentukan masyarakat madani di Indonesia,maka warga Negara Indonesia perlu di
     kembangkan untuk menjadi warga Negara yang cerdas,demokratis,dan religius dengan
     bercirikan imtek,kritis argumentatif,dan kreatif,berfikir dan berperasaan secara jernih,sesuai
     dengan aturan,menerima semangat bhineka tunggal ika.Berorganisasi secara sadar dan
     bertanggung jawab,memilih calon pemimpin secara jujur,adil,menyikapi media masa secara kritis dan
     objektif berani tampil dan kemasyarakatan secara professional,berani dan mampu menjadi
     saksi,memiliki pengertian kesejagatan.Mampu dan mau saling asah-asih-asuh antar sejawat
     memahami derah Indonesia saat ini,mengenal cita-cita Indonesia di masa mendatang dan
     sebagainya.


NAMA : KUNI FAIZAH

KELAS : XI IPA

1.Budaya demokrasi adalah keikutsertaan warga dalam menentukan kebijakan politik, dengan berlandaskan pembukaan UUD 1945 dan pancasila sila ke-4
2.Semangat KPK menjadikan Angelina Sondakh sebagai pintu masuk pengungkapan kasus megakorupsi harus benar-benar terwujud. KPK tak boleh berhenti pada keterlibatan tersangka dalam kasus Wisma Atlet, tapi meluas pada bentuk korupsi korporasi. pengamat hukum Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) DR Agus Suroso menegaskan , sejak awal KPK telah menempatkan kasus Angelina sebagai titik awal. “ini yang saya ingatkan, kasus Angelina bukanlah pada tindak pidana korupsi biasa. Tapi sudah bias masuk pada kejahatan korporasi. Itu jauh lebih hebat lagi perkaranya,” ujar Agus di Jakarta kemarin.
SOLUSI: tersangka kasus dugaan suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games dan anggaran di KEMDIKBUD Angelina Sondakh harus mau mengungkap pelaku utama. Dan di penjarakan sesuai dengan pasal yang berlaku tentang kasus tersebut.
3.Belum, karena hal ini dapat dilihat dalam bidang pendidikan , hukum, politik, ekonomi dan kehidupan social.
4.Masyarakat Madani (Civil Society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakan yang beradab dalam membangun , menjalani dan memaknai kehidupannya.
5.Demokrasi berasal dari bahasa Yunani yaitu Demos yg artinya rakyat dan kratos/kratein yang artinya pemerintahan, jadi demokrasi adalah pemerintahan ada ditangan rakyat. Secara harfian demokrasi berarti pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Demokrasi dapat disebut juga sebagai pelembagaan dari suatu kebebasan (institutionalization of freedom). Sistem pemerintahan demokrasi adalah demokrasi langsung.
 Menurut Anwar Ibrahim : masyarakat Madani adalah sistem social yang subur berasaskan pada prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan perorangan dan kestabilan masyarakat. Masrakat Madani secara etimologis memiliki 2 arti. Pertama, masyarakat kota  krna madani adalah turunan dari kota dlam b.arab , Madinah yang berarti kota. Kedua, masyarakat peradaban yang dalam b.inggris dikenal sebagai civility/civilization.
 

  

MARIA HAYATI

KELAS XI IPA

1.Apa yang kalian ketahui  tentang budaya demokrasi dan apa saja landasan demokrasi ?
                Jawab:Budaya demokrasi adalah kemampuan manusia yang berupa sikap dan kegiatan menghargai persamaan, kebebasan, dan peraturan. Dan yang menjadi landasan demokrasi adalah Pancasila sila keEmpat.
2.Carilah beberapa kasus pelanggaran demokrasi   dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk menyelesaikan kasus tersebut?           
     Jawab: KASUS KASUS DEMOKRASI
A.      Tragedi Trisakti
Penyelesaian dalam kasus ini yaitu agar masalah ini dapat di selesaikan di perlukan partisipasi masyarakat untuk ikut turut serta dalam proses penuntasan kasus ini.
B.      Pembunuhan Munir
Penyelesaian dalam kasus ini seharusnya kasus Munir ini di jadikan suatu pelajaran untuk bangsa ini agar meninggalkan cara yang bersifat otoriter karena setiap manusia atau warga Negara memiliki hak untuk memperoleh kebenaran, dan hak hidup, hak memperoleh keadilan
Dan hak atas rasa aman.
3.Apakah Indonesia sudah mencapai kemadanian dan berikan beberapa bukti bukti yang otentik?
                jawab:Belum, karena dapat dilihat dari bidang pendidikan, karena masih banyak sekali anak anak Indonesia yang kurang mendapatkan pendidikan yang layak. Sehingga banyak anak anak yang tidak bersekolah.
4.Apa yang anda ketahui tentang masyarakat madani?
                Jawab:Masyarakat yangberadab menjujung tinggi nilai nilai kemanusian yang maju dalam pengu asaan ilmu pengertian dan teknologi.
5.Buatlah resume  secara singkat materi budaya demokrasi menuju masyarakat  madani?
                Jawab:Demokrasi pada masa kini antara lain menyangkut hak memilih dan dipilih menyangkut pula pengakuan terhadap kesejahteraan diantara warga Negara , kebebasan warga untuk melakukan partisipasi politik, kebebasan untuk memperoleh berbagai sumber informasi, serta kebebasan masyarakat ekspresi baik menyuarakan melalui organisasi potensi, seni, serta kebudayaan.


ARI AGUSTIAN
KELAS XI IPA
1.      Apa yang kalian ketahui tentang budaya demokrasi dan apa saja yang menjadi landasan demokrasi?
2.      Carilah beberapa kasus pelanggaran demokrasi dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk menyelesaikan kasus tersebut!
3.      Apakah masyarakat Indonesia sudah mencapai kemadanian dan berikan beberapa bukti2 yang otentik!
4.      Apa yang anda ketahui tentang masyarakat madani?
5.      Buatlah resume secara singkat materi budaya demokrasi menuju masyarakat madani!

JAWABAN
1.      Budaya adalah hasil kemampuan akal manusia dalam lingkungan kehidupanya.sedangkan demokrasi adalah keadaan Negara dengan sistem pemerintahan berada ditangan rakyat dan kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat.jadi budaya demokrasi adalah pola pikir,dan sikap warganya berdasarkan nilai nilai kemerdekaan,persamaan dan persaudaraan antar manusia dengan kerjasama,saling percaya,toleransi,dan kompromi.
Dan landasan demokrasi adalah terdapat pada sila keempat yaitu:
“ KERAKYATAN YANG  DIPIMPIN  OLEH  HIKMAT  KEBIJAKSANAAN  DALAM PERMUSYAWARATAN  PERWAKILAN.”
2.      Penyuapan terhadap oknum oknum masyarakat,solusinya yaitu menindak secara tegas oknum/kader yang melakukan penyuapan.
3.      BELUM,karena di Indonesia masih banyak pengangguran,pengemis dan lain sebagainya.buktinya masyarakat Indonesia masih banyak yang berpenghasilan lebih dari kurang,itu sudah menjadi bukti yang otentik menurut saya.
4.      Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradap,menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan,yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan,dan teknologi.
5.      Budaya demokrasi menuju masyarakat madani adalah sikap dan kegiatan manusia yang mencerminkan nilai nilai demokrasi,serta beradap ,menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan,yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi,.


NAMA: SETIO WIBOWO
KLS       : XI (SEBELAS) IPA.

1.Apa yang kaliaan ketahui tentang budaya demokrasi dan apa saja yang menjadi landasan demokrasi?
Jawab: dimana masyarakat berperan aktif dalam memajukan  demokrasi, seperti contoh memilih kepala dearah, bermusyawarah dalam memcahkan suatu masalah. Landasan demokrasi adalah pancasila.
2.Carilah beberapa khasus pelanggaran demokrasi dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk menylesaikan kasus tersebut?
Jabab:T ragedi trisakti. Dalam kasusu ini tragedy trisakti yaitu. Yaitu agar maslah ini dapat diselesaikan di perlukan partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam proses penentuan kasus ini.
3.Apakah Indonesia mencapai kemadanian dan berikan beberapa bukti-bukti  yang otentik?
Jwab; sudah seperti hal nya masyarkat Indonesia ikut serta dalam memajukan negri. Contoh nya ikut dalam pemilu, dan bermusyawarah dalam beroganisasi.
4.Apa yang anda ketahui tentang masyrakat madani?
Jawab:Masyarakat yang menjujung tinggi nilai-nilai peradaban.
5.buat lah resume seacra singkat materi budaya demokrasi menuju masyarkat madani?
Jawab:pemerintahan tertinggi di tangan rakyat, mengacu memebentuk  masyarakat yang  menjujung tinggi nilai-nilai perdaban.

SEMOGA BERMANFAAT.
 



  NAMA                      :  KRISTIN NATALIA
    KELAS                     :  X1 IPA

1.       Apa yang kalian ketahui tentang budaya demokrasi dan apa sajakah yang menjadi landasan demokrasi...?
Jawab:  budaya demokrasi adalah suatu  kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang dalam sistem pemerintahan yang sama yaitu menyejahterakan kehidupan bangsa dan memajukan negara republik indonesia. Landasan demokrasi adalah pancasila yang merupakan  dasar dari negara republik indonesia.


2.        Carilah beberapa pelanggaran kasus demokrasi dan bagaimana solusi yang anda berikan untuk menyelesaikan khasus tersebut..?
Jawab: salah satu pelanggaran demokrasi  adalah adanya kasus penggelapan uang atau  sering disebut dengan korupsi, korupsi yang terjadi banyak dilakukan oleh oknum-oknum yang menjabat dalam kursi lembaga perwakilan rakyat/pemerintah . padahal yang diharapkan rakyat dari pejabat-pejabat tinggi dapat mampu mengemban tugasnya sebaik mungkin agar rakyat dapat hidup sejahtera dan terbebas dari kemiskinan, sangat banyak cara untuk mengatasi  atau menyelesaikan tersebut dengan cara melakukan pemberantasan korupsi oleh pihak-pihak yang terkait, korupsi juga bisa ditanganni dan dihilangkan dari negara republik indonesia dengan adanya kesadaran mesing-masing pada  diri oknum-oknum yang menjabat sebagai pejabat, jika hal itu bisa terjadi negara kita akan lebih sejahtera.

3.        Apakah masyrakat indonesia sudah mencapai kemadanian dan berikan bukti-bukti yang otentik...?
Jawab: untuk saat ini negara republik indonesia sudah mencapai  kemaandian , Tapi hanya sebagian kecil, karena ciri masyrakat madani adalah tingkat masyrakat yang berlevel tinggi,
Jika seluruh warga indonesia negara indonesia memiliki ciri masyrakat madani sudah pasti negara ini akan lebih baik lagi, tapi sayangnya warga negara indonesia belum mancapai kemadanian yang sempurna atau sepenuhnya. Buktinya masih banyak  warga negara indonesia yang tidak peduli bahkan tidak mau berkecimpung dalam politik indonesia. Itu salah satu bukti-bukti yang otentik.

4.       Apa yang anda ketahui tentang masyarakat madani...?
Jawaban: masyarakat madani dalam bahasa inggris (civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradap dalam membangun, menjalani dan memaknai kehidupanya, kata madani sendiri berasal dari bahasa inggris yang artinya civil atau civilized (berada) untuk pertama kali istilah masyarakat madani dimunculkan oleh anwar ibrahim, mantan wakil perdana mentri malasyia, menurutnya masyarasak madani merupakan sistem sosial yang subur berdasarkan prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu dengan kesetabilan masyarakat.
   -menurut DAWAM RAHARDJO mendefinisikan masyarakat madani sebagai proses penciptaan peradapan yang mengacu kepada nilai-nilai kebijakan bersama.
  -masyarakat madani adalah masyrakat yang beradap, menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang maju dalam penguasaan ilmu pengetahuan teknologi.

5.        Buatlah resume secara singkat mengenai budaya demokrasi menuju masyarakat madani...?
Jawaban: Indonesia memasuki masa transisi saat lahir era reformasi pada pertengahan tahun 1998. Pada tahun tersebut, indonesia memasuki masa transisi dari era otoritarian ke era demokrasi. Terdapat perubahan-perubahan yang fundamental dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya adalah membangun tataan kehiupan politik baru yang demokratis.
   Negara indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Dalam negara yang menganut sistem demokrasi, kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat, melalui wakil-wakilnya yang duduk dilembaga perwakilan. Sistem demokrasi yang diterapkan di indonesia diharapkan dapat mewujudkan masyarakat madani. Masyarakat madani adalah masyarakat yang beradap, sikap dan prilaku masyarakat selalu sesuai dengan peraturan-peraturan yang berlaku.
  Demokrasi menepati posisi penting dalam pelaksanaan pembagian kekuasaan suatu negara yang berdasarkan pada konsep dan prinsip trias politika. Dalam demokrasi, kekuasaan negara diperoleh dari rakyat juga harus di gunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat.
  Demokrasi tiak hanya merupakan suatu sistem pemerintahan. Demokrasi merupakan gaya hidup serta tata masyrakat tertentu yang menganung unsur-unsur moral, dengan demikian adanya demokrasi diharapkan dapat membentuk suatu masyarakat madani.

YULIYANTI

KELAS XI IPA
1.Demokrasi adalah pemerintah dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat, yang artinya pemerintah dimana rakyat memegang peranan penting. Landasan demokrasi adalah pancasila yaitu sila ke 4
3.Masyarakat madani menjadi prasyarat majunya sebuah Negara. Kemajuan itu tidak hanya dalam bidang ekonom, tetapi seluruh dimensi kehidupan. Adapun ciri-ciri masyarakat madani adalah masyarajat yg cerdas, kritis, inisiatif, dll. Negara Indonesia beum menunjukkan perkembangan kea rah itu. Hal ini dapat di lihat dalam bidang pendidikan, hukum, politik, ekonomi, dan kehidupan sosial.
4.Masyarakat madani adalah masyarakat yg ideal, berkepribadian yg beradab dengan kedudukan yang serba setara dan sama dengan segala hal. Ada 6 prinsip dasar yg harus di penuhi untuk Indonesia menjadi masyarakat madani adalah kemerdekaan, kebebasan, pluralisme, hak asasi yg seimbang dengan kewajiban, dan nilai moral etika dan keadilan dan kesejahteraan.
5.Demokrasi adalah suatu paham yg menegaskan bahwa pemeintahan suatu Negara di pegang oleh rakyat, karena pemerintahan tersebut pada hakikatnya berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Sistem pemerintahan demokrasi adalah demokrasi langsung. Pelaksanaan demokrasi itu di sebut demokrasi langsung.   
 




               




Comments

Popular posts from this blog

Hak-hak yang diperoleh oleh Seorang tersangka/terdakwa

  Hak-hak apa saja yang diperoleh oleh tersangka/terdakwa? Implementasi Hak Asasi Manusia secara tersirat sebenarnya sudah diakui dalam KUHAP. Menurut ketentuan Pasal 117 ayat 1, “keterangan tersangka dan atau saksi kepada penyidik diberikan tanpa tekanan dari siapapun dan atau dalam bentuk apapun.” Artinya dengan adanya Pasal tersebut, pemeriksaan oleh penyidik untuk kepentingan penyidikan harus sesuai dan menghormati HAM. hak seorang tersangka dan keluarganya yang digeledah atau rumahnya digeledah yaitu: a. Berhak untuk menanyakan tanda pengenal penyidik yang akan melakukan penggeledahan. b. Berhak untuk menanyakan surat perintah penggeledahan. c. Berhak untuk mendapatkan penjelasan mengenai alasan penggeledahan. d. Berhak untuk menandatangani berita acara penggeledahan. e. Berhak untuk mendapatkan salinan berita acara f. Berhak untuk mendapatkan perlakuan yang manusiawi saat digeledah. g. Berhak untuk mencabut berita acara yang salinannya diberikan setelah lewat dua hari

CONTOH PERJANJIAN FORCE MAJEURE

   CONTOH PERJANJIAN  FORCE MAJEURE PERJANJIAN SEWA-MENYEWA No. 122/UD/sejahtera-tb/TB/iii/16   Yang bertanda tangan di bawah ini : 1.       Nama   ................................  Pekerjaan BURUH   Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama untuk diri sendiri berkedudukan di panca tunggal jaya selanjutnya disebut yang menyewakan; 2.       Nama ...........................   pekerjaan mahasiswa   Alamat Tulang Bawang dalam hal ini bertindak untuk diri sendiri, selanjutnya disebut penyewa; Dengan ini menerangkan bahwa pihak yang menyewakan adalah pemilik sah sebuah rumah yang terletak di jalan anggrek No. 17 Kota Unit 2 Tulang Bawang bermaksud menyewakan rumahnya kepada penyewa dan penyewa bersedia menyewa rumah tersebut dari pihak yang menyewakan berdasarkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut : Pasal 1 (1)    Sewa rumah ditetapkan sebesar Rp. 50,000,000,- ( lima puluh juta ) untuk jangka waktu sewa 1 tahun terhitung sejak tanggal penandatanganan surat perjanji

Koneksi Antar Materi Modul 2.3 Calon Guru Penggerak

  Kesimpulan, Keterkaitan Materi dan Refleksi Pemahaman. Selama mempelajari modul 2 saya mendapatkan pengalaman belajar baru yang sangat luar biasa. Pada modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. saya lebih memahami pentingnya pembelajaran berdifferensiasi sebagai tuntunan yang masuk akal bagi peserta didik dengan keunikan potensinya. Selanjutnya di modul 2.2 saya belajar bagaimana membangun kecerdasan sosial emosional. Di modul 2.3 saya belajar bagaimana teknik coaching guna membangun komunikasi yang baik dengan orang lain. Hal yang paling berkesan bagi saya adalah saat kami, sesama rekan GCP, melakukan praktik coaching sebanyak 3 sesi (sebagai coach, coachee dan observer), yang merupakan tugas demonstrasi kontekstual modul 2.3. Meskipun speed saya cenderung lambat menunaikan tugas-tugas dalam membangun pemahaman saya terhadap materi, namun saya berkomitmen untuk menuntaskannya dan menyusun rencana implementasi melalui praktik bagi yang akan